::Apa Jenis Sakit Mata Saya?

Apa Jenis Sakit Mata Saya?  

Banyak sekali pertanyaan tentang sakit mata. mata adalah organ tubuh paling sensitif dan sangat riskan sekali sakit. Kadang debu yang mengenai mata kita saja bisa membuat mata perih luar biasa, kena asap dari aroma cabe orang memasak bisa mengganggu mata kita. baiklah tidak berpanjang kata kami akan membahas banyak pertanyaan tentang jenis sakit mata yang sering di tanyakan orang pada umumnya.

Terima kasih Telah berkunjung ke blog kami, semoga bermanfaat bagi anda yang memang sedang membutuhkan informasi tentang jenis penyakit mata dan semua hal tentang penyakit mata. berikut ini adalah beberapa contoh jenis penyakit mata yang perlu anda ketahui
jenis Penyakit mata, seperti yang dituturkan Dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Ph.D ., memang mudah menular. Cara penularan biasanya melalui media yang secara sengaja atau tidak, sudah tersentuh penderita. Misalnya, penderita habis mengucek mata lalu bersalaman dengan orang lain. Akibatnya orang tersebut bisa terjangkit penyakit serupa.
Namun walaupun mudah menular, kata Tjahjono, cara mencegah penyakit mata ini sebetulnya sederhana saja, yakni dengan memisahkan peralatan/perlengkapan sehari-hari yang digunakan penderita.Contohnya handuk, selimut, atau pakaian.
Yang perlu diketahui, penyakit mata sangat beragam jenisnya dan tidak semuanya merupakan penyakit menular. Penyakit mata yang bisa menular hanyalah yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, sedangkan yang disebabkan alergi tidak akan menular. Upaya penyembuhan sakit mata akibat alergi bisa dilakukan dengan pengobatan rutin dan menjaga mata agar bebas dari sumber-sumber peemicu seperti debu, bulu, asap, dan lainnya. berikut adalah jenis penyakit mata dan cara penanganannya seperti yang diutarakan Tjahjono:
KONJUNGTIVITIS (MENULAR)
MATAAdalah iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Gejalanya mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), dan penglihatan (kabur). Penyakit yang mudah menular dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan ini disebabkan beberapa faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, dan pemakaian lensa kontak jangka panjang.
Bayi juga dapat menderita penyakit serupa. Hanya saja penyebabnya lebih karena infeksi yang timbul ketika melewati jalan lahir. Lantaran itulah, pada bayi penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal. Seperti diketahui, jalan lahir tidaklah steril dari kuman tertentu yang mungkin bisa menimbulkan infeksi.
Nah, saat bayi lahir melewati jalan lahir (vagina), ia tentu akan terpapar kuman yang ada di lokasi itu. Jika mengenai mata bisa mengakibatkan infeksi pada mata dengan gejala mata merah dan belekan. Oleh karena itu, pada umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri yang dapat menyebabkan konjungtivitis gonokokal.
Penanganan:
  • Kompres mata dengan air hangat.
  • Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter. Biasanya penderita juga diberi tablet atau suntikan untuk mengurangi iritasi dan gatal pada mata.
  • Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
  • Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, misalnya memisahkan alat-alat yang digunakan dan tidak digunakan oleh orang lain.

KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS (KV)
Adalah iritasi/peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit. Gejalanya: mata merah, berair, gatal, kelopak mata bengkak, dan terjadi kotoran mata (belekan). Perlu diketahui KV merupakan peradangan yang berulang alias musiman dan penderitanya cenderung kambuh terutama pada musim panas. Terkadang penderita KV mengalami kerusakan pada sebagian kecil kornea yang menyebabkan nyeri yang akut. 
Penanganan: 
  • Jangan menyentuh atau menggosok bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi
  • Mata dikompres dengan air hangat.
  • Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata.

ENDOFTALMITIS
Merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi karena mata anak tertusuk sesuatu seperti lidi atau benda tajam lainnya. Infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani karena bisa menimbulkan kebutaan.
Penanganan:
  • Dokter mata biasanya memberikan obat antibiotika.
  • Untuk mengeluarkan nanah yang berada di bola mata, penderita harus menjalani pembedahan.
SELULITIS ORBITALIS (SO)
Yaitu jenis penyakit mata yang dengan terjadinya peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, serta penderita mengalami demam. SO pada anak-anak sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi yang berasal dari gigi. Diagnosa pasti dapat ditegakkan melalui rontgen gigi dan mulut atau CT Scan sinus. SO yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti kebutaan, infeksi otak atau pembekuan darah di otak:
Penanganan:
  • Untuk kasus yang tergolong ringan dapat diberikan antibiotika secara oral.
  • Pada kasus berat diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau bahkan pembedahan untuk mengeluarkan nanah ataupun mengeringkan sinus yang terinfeksi. 
TRAKOMA (MENULAR)
Adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis.  Bakteri ini berkembang biak di lingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk. Lantaran itulah, trakoma sering menyerang anak-anak, terutama di berbagai negara berkembang. Pemaparan bakteri berlangsung saat anak menggunakan alat atau benda yang sudah tercemari Chlamydia  seperti sapu tangan atau handuk.
Gejala : trakoma adalah mata merah, mengeluarkan kotoran (belekan), pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening, serta kornea kelihatan keruh. Penyakit ini sangat menular.
Penanganan 
  • Jauhkan alat/benda yang sudah dipakai penderita dari anggota keluarga yang lain.
  • Penderita biasanya akan diberi salep antibiotika yang mengandung tetracycline dan erythromycin selama sekitar satu bulan bahkan bisa lebih.
  • Jika tak segera ditangani dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam dan terjadilah gangguan penglihatan.
  • Jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea kemungkinan perlu dilakukan tindakan pembedahan. 
BLEFARITIS
Di bagian bola mata terdapat lapisan air mata yang berfungi melindungi bola mata dari iritasi. Lapisan yang sangat halus ini terdiri atas tiga kelenjar, yaitu kelenjar minyak, air dan lendir. Nah, blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata karena terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut. Tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa menjadi berlebihan. Sayangnya kelebihan minyak ini ada di dekat kelopak mata yang juga sering didatangi bakteri.
Gejala blefaritis berupa mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, ada luka di bagian kelopak mata dan membengkak. Pada beberapa kasus sampai terjadi kerontokan bulu mata. Ada dua jenis blefaritis yaitu blefaritis anterior dan blefaritis posterior. Yang pertama merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan yaitu di tempat melekatnya bulu mata. Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus. Yang kedua adalah peradangan di kelopak mata bagian dalam, yaitu bagian kelopak mata yang bersentuhan dengan mata. Penyebabnya adalah kelainan pada kelenjar minyak.
Penanganan:
  • Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk mengangkat minyak. Ada sejenis pembersih khusus yang bisa digunakan.
  • Untuk membunuh bakteri digunakan salep antibiotika seperti erythromycin  atau sulfacetamide. Bisa juga dengan obat antibiotika oral seperti tetracycline . 
DAKRIOSISTITIS
Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada duktus nasolakrimalis yaitu saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah dan penderita mengalami demam.
Infeksi yang ringan biasanya akan cepat sembuh walau tetap ada pembengkakan. Sementara yang tergolong parah dapat menyebabkan kemerahan dan penebalan di atas kantung air mata. Jika terus berlanjut akan terbentuk kantung nanah.
Penanganan:
  • Dengan cara pemberian antibiotika oral atau melalui pembuluh darah.
  • Bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata
  • Jika terjadi kantung nanah maka harus dilakukan pembedahan.

ULKUS KORNEA (UK)
Adalah infeksi pada kornea bagian luar. Biasanya terjadi karena jamur, virus, protozoa atau karena beberapa jenis bakteri, seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan atau tertusuk benda asing. UK terkadang terjadi di seluruh permukaan kornea sampai ke bagian dalam dan belakang kornea. UK yang memburuk dapat menyebabkan komplikasi infeksi di bagian kornea yang lebih dalam, perforasi kornea (terjadi lubang), kelainan letak iris (selaput pelangi) dan kerusakan mata.
Gejalanya : mata merah, nyeri, gatal, berair, muncul kotoran mata, peka terhadap cahaya (photo phobia) , pada bagian kornea tampak bintik nanah warna kuning keputihan, dan gangguan penglihatan. 
Penanganan:Penderita UK perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti tes refraksi, tes air mata, pengukuran kornea (keratometri), dan tes respons refleks pupil. UK tingkat ringan dapat ditangani dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotika, antivirus atau antijamur. Penderita yang tergolong berat kemungkinan perlu menjalani pembedahan yaitu pencangkokan kornea.
Demikian lah sedikit masudan dari kami tentang jenis penyakit mata…untuk selanjutnya anda bisa humungi kami di line telp berikut ini: 087774343099 , 081318619004. semoga apa yang kami curahkan dalam blog ini bisa jadi manfaat bagi anda yang membutuhkan informasi tentang penyakit mata, jenis penyakit mata, obat sakit mata, gejala sakit mata, sakit mata pada anak, obat mata herbal..



Pertanyaan lain yang tidak mungkin kami jawab di satu halaman ini,,,silahkan anda buat pertanyaan di sesi tanya jawab yang ada di page tanya jawab.
Mata terasa gatal dan mengganggu penglihatan, Ciri mata yang penglihatannya masih bagus, mengobati mata yang mudah belekan? sakit mata sebelah kiri bagian samping, otot sekitar mata tegang dan menyebabkan nyeri, hubungan tekanan darah rendah dengan gangguan penglihatan, Gatal pada mata karena 3 hari di depan laptop, penyebab gangguan penglihatan akibat benturan di kepala, kelopak mata sebelah kiri seperti ada yang mengganjal, sakit kepala dan pandangan kabur, Mata sebelah kanan terasa sakit dan membengkak, tertidur saat memakai softlens, bintik putih di kelopak mata, Mata buram saat lihat sinar matahari atau lampu, Kebutaan akibat gerhana matahari, bintik putih dan benjolan di mata, Penyebab kelopak mata kiri anak turun, Apa buta warna parsial bisa sembuh? Bintik putih kecil di konjungtiva mata, bintik kecil di mata bayi usia 3 bulan, seperti ada batu kecil mengganjal dan warna putih kekuningan di mata sebelah kiri, Benjolan kecil di mata yang terasa gatal, nyeri pada mata dan perih saat terkena matahari, mata sering gatal, Obat untuk mata pedih, gatal, dan berair, Kelopak mata seperti ada yang mengganjal, Bagaimana cara mengurangi atau mengobati floaters?bintik kecil pada bagian putih mata, mata sering berair dan sakit kepala, mata perih setiap malam, mata terasa kering karena terlalu sering bermain PS, Mata sipit dan kelopak mata turun sebelah, sering mengalami sakit kelapa sebelah kanan hingga ke mata disertai nyeri ulu hati, sakit di kelopak mata sebelah kiri, mata sering gatal pada anak usia 6 tahun, Pengobatan kornea secara alami, obat lecet pada kulit mata, bagaimana cara mengatasi mata merah setelah lepas softlens? mata gatal dan merah hingga keluar kotoran mata dan susah dibuka, Mata sebelah kanan buram, Mata seperti terdapat jaring laba-laba, Mata merah dan terdapat tonolan kecil di area mata, Mengkonsumsi obat Rg cholin tanpa resep dokter,  Air mata keluar saat melihat ke tempat yang terang, cara mengatasi mata terkena goresan, Mata tidak sanggup menatap cahaya, Mata seperti ada yang mengganjal, Penglihatan gelap tiba-tiba, Apakah ada obat untuk penderita papilistis? Rasa mengganjal di mata kiri, Apakah sakit mata dapat menyebabkan kanker otak? Cara menyembuhkan mata juling, apa obat ulkus kornea, Bintik putih di kornea mata, obat untuk kalazion, Penglihatan hilang secara mendadak, Flash pada mata, Pengertian cupping pada mata, Pengertian penyakit trichiasis, Mata tertutup selaput saat bayi, obat untuk mata kering ?Pengobatan mata silinder, penyebab sakit mata pada bayi, Mata terasa sakit setelah menggunakan lensa kontak, Sering jatuh dari kecil sampai sekarang, Penyebab sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, Cara mengatasi penyumbatan syaraf pada mata, Terdapat warna kuning di bagian putih mata dan di kepala penis timbul bintik, Mata sebelah kanan sakit, Risiko operasi mata, Mata tiba tiba buta sebentar, Masalah pada penglihatan setelah operasi mata juling, mata terlihat bengkak seperti ada penyumbatan, Sering sakit kepala tidak hanya di satu tempat, Mata terasa panas dan tubuh cepat lelah, Mengobati mata minus dengan makanan yang mengandung vitamin A, Bengkak pada mata setelah main game, mata kiri buram lapang pandang, mata bagian bawah terbatas, Penyebab sakit mata dan penanganannya, Mata berkunang-kunang dan cara mengobatinya, cara mengatasi glaukoma dan perawatannya, Mata sebelah kiri terasa gatal dan mengeluarkan cairan yang mengganjal, Sakit mata dan timbul titik putih di sekitar kornea, Apakah rabun jauh bisa berkembang menjadi katarak?cara penangulanan presbiopi atau cacat mata tua, solusi untuk mata sakit dan kepala tegang, Penyebab dan cara mengobati makulopati, mata merah sebelah dan gelembung bernanah di seluruh tubuh, mata terkadang tidak fokus yang disertai pusing

0 comments